Error Migration di Framework Laravel
Error Migration di Framework Laravel

20 Juni 2019 / Muhammad Amirul Ihsan

Assalamualaikum Warrahmatullah Wabarakatuh,

Topik artikel ini mungkin akan sangat dibutuhkan untuk banyak orang yang belajar Laravel atau bahkan yang sudah pakai Laravel pun masih membutuhkan tutorial Laravel ini, ini adalah masalah yang sangat sering dijumpai, tepatnya masalah ini terjadi sejak Laravel 5.4. 

Sering sekali saya menemui pertanyaan ini berulang kali muncul pada grup Facebook Laravel Indonesia maupun grup Laravel Indonesia di Telegram, ya permasalahannya tentang migration dimana kebanyakan kawan kawan akan menemui error seperti gambar dibawah ini.

Nah kalau kawan kawan menemui error seperti itu, jangan khawatir itu memang terjadi karena perubahan yang ada sejak Laravel 5.4 dimana Laravel 5.4 menggunakan karakter utf8mb4 sebagai default, dimana mendukung untuk penyimpanan emoji didalam database. Jika kawan kawan menggunakan versi MySQL dibawah versi 5.7.7 maka dipastikan akan menemui error ini.

Untuk solusi masalah ini sebenarnya di dokumentasi Laravel sudah ditulis dalam catatan rilis di versi Laravel 5.4 kita perlu mendefinisikan panjang default dari string yang di generate di migration dengan menambahkan Schema::defaultStringLength pada class AppServiceProvider.

use Illuminate\Support\Facades\Schema;

/**
 * Bootstrap any application services.
 *
 * @return void
 */
public function boot()
{
    Schema::defaultStringLength(191);
}

Seperti itulah cara mengani Error Migration di Laravel, semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum Warrahmatullah Wabarakatuh.

Suka dengan artikel ini? Bantu bagikan ke yang lainnya :)