Belajar Laravel 6 - Menginstall Laravel
Belajar Laravel 6 - Menginstall Laravel

24 September 2019 / Muhammad Amirul Ihsan

Assalamualaikum Warrohmatulloh Wabarokatuh.

Setelah kita memenuhi kebutuhan Laravel selanjutnya kita bisa memulai untuk menginstall Laravel ke dalam laptop / komputer kita, untuk menginstall Laravel disediakan dua cara, yang pertama kita bisa menggunakan Laravel Installer atau bisa menggunakan composer create-project. 

Untuk menggunakan Laravel Installer, kita harus mengunduh Laravel Installer terlebih dahulu menggunakan perintah berikut

composer global require laravel/installer

Pastikan kamu menempatkan direktori vendor biner seluruh sistem Composer di $ PATH Kamu sehingga perintah laravel dapat ditemukan oleh sistem Kamu. Lokasi direktori ini ada di berbagai macam lokasi, tergantung sistem operasi yang kamu gunakan, umumnya ada di lokasi ini :

  • macOS dan GNU / Linux : $HOME/.config/composer/vendor/bin
  • Windows: %USERPROFILE%\AppData\Roaming\Composer\vendor\bin

Setelah terinstall, kamu bisa menjalankan perintah laravel new, perintah itu akan menginstall Laravel di direktori yang sudah kamu pilih / tentukan, sebagai contoh perintah laravel new crud akan membuat direktori bernama crud yang berisi projek baru Laravel.

laravel new crud

Alternatif lainnya jika kamu tidak ingin meginstall Laravel Installer, bisa menggunakan perintah composer create-project.

composer create-project --prefer-dist laravel/laravel crud

 Seperti itu kurang lebihnya cara untuk menginstall projek Laravel.

Wassalamualaikum Warrohmatulloh Wabarokatuh.

Suka dengan artikel ini? Bantu bagikan ke yang lainnya :)