Belajar Laravel 6 : Mengenal Routing
Belajar Laravel 6 : Mengenal Routing

14 Oktober 2019 / Muhammad Amirul Ihsan

Assalamualaikum Warrohmatulloh Wabarokatuh.

Ketika mempelajari Laravel salah satu konsep penting yang perlu dipahami sejak awal adalah routing, routing adalah sebuah pintu masuk ke dalam aplikasi Laravel, dimana disini kita mendefinisikan URI dan aksi dari URI tersebut. Yang paling dasar adalah route dengan closure, seperti contoh dibawah ini.

Route::get('kawan', function () {
    return 'Halo Kawan';
});

FIle Standar Routing

Semua route di Laravel di definisikan pada file route yang ada di dalam folder routes, file file ini dimuat secara otomatis oleh Laravel, file "routes/web.php" menandakan bahwa route ini digunakan untuk web dan diberi middleware web yang menyediakan session dan CSRF protection. Sedangkan "routes/api.phpstateless dan diberi middleware api. Untuk kebanyakan aplikasim kita mendefinisikan route di "routes/web.php". Route yang di definisikan di "routes/web.php" bisa diakses melalui browser sesuai URL yang didefinisikan di route, contohnya kita bisa mengakses ""http://localhost:8000/kontak" pada browser, maka route yang didefinisikan sebaga berikut:

Route::get('/kontak', 'ContactController@index');

Method yang tersedia pada routes

Metode yang tersedia pada route Laravel sebagai berikut sesuai dengan HTTP verb.

Route::get($uri, $callback);
Route::post($uri, $callback);
Route::put($uri, $callback);
Route::patch($uri, $callback);
Route::delete($uri, $callback);
Route::options($uri, $callback);

Sekian sedikit tulisan untuk memahami routing di Laravel. untuk detail tentang routing kita dalami di artikel selanjutnya.

Wassalamualaikum Warrohmatulloh Wabarokatuh.

Suka dengan artikel ini? Bantu bagikan ke yang lainnya :)